Boston Consulting Group-BCG

Pendahuluan

BCG merupakan salah satu strategy tool yang sering digunakan oleh pihak manajemen untuk mengenerate suatu strategi. BCG sama seperti kepanjangannya Boston Consulting Group, ditemukan oleh salah seorang karyawan Boston Consulting Group yang bernama Bruce Henderson pada tahun 1970. meskipun sudah lama ditemukan, masih banyak perusahaan yang menggunakannya. BCG juga sering disebut dengan Growth-Share Matrix, karena matrix kuadran BCG secara grafis menggambarkan perbandingan posisi pangsa pasar  (market share)dan rata-rata pertumbuhan industrinya (market growth)

Tujuan BCG

Berikut ini beberapa tujuan diimplementasikannya BCG: memahami pasar,optimalisasi portofolio, diantaranya: menganalisis portofolio bisnis saat ini, perencanaan portofolio, pengembangan portofolio,dan juga mengembangkan: strategi baru, bisnis baru, dan repositioning bisnis, serta meningkatkan efektivitas penggunaan sumber daya. perlu digaris bawahi bahwa BCG hanya digunakan untuk faktor eksternal berupa keadaan pasar. seperti yang kita ketahui bahwa berbeda dengan faktor internal dimana kita dapat mengontrolnya, faktor eksternal bagi perusahaan tidak dapat dikontrol, sehingga perusahaan hanya bisa menerimanya dan menentukan strategi yang tepat untuk memanfaatkan keuntungan atau meminamalisir sekuat tenaga kerugian yang disebabkannya. jika kita bandingkan dengan SWOT, SWOT menentukan suatu strategi pada lingkup keseluruhan dari perusahaan. sedangkan, BCG khusus digunakan untuk menentukan suatu strategi dari suatu produk, layanan atau service, dan unit bisnis perusahaan.

Komponen BCG

ada tiga komponen yang harus anda ketahui dari BCG.

  • pangsa pasar (market share) : persentase dari total pasar yang sedang dilayani oleh perusahaan Anda yang bisa di ukur dari pendapatan yang di peroleh atau dalam satuan volume. Semakin tinggi pangsa pasar, semakin tinggi proporsi pasar yang Anda kontrol. (pada gambar 1 market share digambarkan dengan sumbu-x)
  • tingkat pertumbuhan pasar(market growth): digunakan sebagai alat untuk mengukur market attractiveness (daya tarik pasar). Pasar disebut tumbuh bila jumlah total keseluruhan pasar lebih besar nilainya dibanding periode terdahulu. (pada gambar 1 market growth digambarkan dengan sumbu-y)
  • ukuran bisnis atau penjualan: ada empat kuadran yang merepresentasikan dari ukuran penjualan diantaranya: Kuadran Dog, Kuadran Question Marks/Problem Child, Kuadran Star,  dan Kuadran Cash Cow (bagian ini akan dibahas lebih detail dibagian 4 Kuadran BCG)

Gambar 1 BCG

Matrix BCG dalam Life Cycle

Gambar 2  Life Cycle BCG

Gambar 2 Life Cycle BCG

produk, layanan, dan unit bisnis perusahaan mempunyai suatu siklus hidup. Tidak selamanya produk yang diminanti pasar akan selalu diminati. pada suatu titik tertentu pasar merasa barang tersebut tidak menarik atau mungkin tidak dibutuhkan karena memang ada pengganti produk yang lebih canggih atau lebih baik dari pada produk kita. ada tahapan sebarapa bagus profit dari suatu produk yang dihubungkan dengan BCG. Pada gambar 2 menjelaskan life cycle dari suatu produk, dengan cara mengaitkannya antara revnue/profit, time, dan BCG. time pada gambar 2 tersebut membaginya ke dalam  4 bagian: introduction(Question Mark), Growth(Star), Maturity(Cash Cow), dan Decline(Dog). garis para bola   yang berwarna merah menunjukkan hubungan antara revenue/profit dengan time.

Produk yang baru diperkenal kan kepada kustomer itu berada di bagian Question Mark dimana profit yang dihasilkan kecil karena memang pada waktu itu produk masih belum dikenal kustomer sehingga melakukan pemasaran secara intensive dan tentunya hal tesebut mempengaruhi profit, jika produk tersebut berhasil maka akan bergeser ke Star. pada posisi star, suatu produk menjadi andalan bagi perusahaan dan banyak pesaing yang bermain, pada posisi ini diperlukan inovasi yang membedahkan produk kita dengan  produk pesaing. Selanjutnya, jika suatu produk tersebut masih mempertahankan pangsa pasarnya, namun pertumbuhan pasarnya menurun, maka suatu produk bergeser ke Cash Cow, dimana pesaing-pesaing kita sudah berminat untuk bermain di produk ini, maka biaya yang dikeluarkan untuk inovasi dan pemasaran tidak sebanyak yang dikeluarkan pada tahap-tahap sebelumnya. produk pada tahap ini akan menjadi sumber penghasilan  bagi perusahaan untuk membiayai produk-produk yang berada pada posisi question mark dan star. Jika suatu produk sudah tidak ada lagi pasar dan kustomer sudah tidak mau membeli produk maka produk tersebut masuk pada tahap Dog. pada tahap ini lebih baik perusahaan menghentikan produksi produk tersebut.

4 Kuadran BCG

untuk menjelaskan 4kuadran dan BCG dan memperjelas  life cycle dari produk, layanan, atau unit bisnis perusahaan. saya menggunakan contoh Yamaha V-Ixion. berikut ini penjelasannya:

Kuadran Question Marks/Problem Child

pada kuadran ini potensi pertumbuhan terbuka lebar, pangsa pasar masih rendah, pertumbuhan pasar tinggi, dibutuhkan usaha agar pangsa pasar naik di pasar yang sedang tumbuh ini, biasanya merupakan produk baru atau produk dengan keunggulan yang belum terlihat pasar, pengembangan bisnis sangat diperlukan. Pertumbuhan bisa dicapai dengan: berinvestasi dan meningkatkan kinerja bisnis.Resiko besar jika ternyata dalam pengembangan produk menemui kegagalan. Pertumbuhan penjualan diperoleh dari peningkatan pangsa pasar. Investasi bisa menggunakan dana dari kuadran Cash Cow.

Pada kwadran ini, walaupun market share produk yang ditawarkan masih rendah, tapi demand-nya sudah cukup terlihat, dalam artian market growth-nya tinggi. Pada kenyataannya, Yamaha V-Ixion jelas sekali baru sampai tahap ini. Strategi lebih lanjut yang perlu dilakukan pihak marketing untuk mendorong agar produk ini bergeser ke arah kuadran “Star” adalah dengan cara meningkatkan advertising, mempertahankan strategi potongan harga dengan dilengkapi pemberian hadiah menarik di tiap pembelian produk secara tunai, misalnya helm relief ‘mataharinya’ Valentino Rossi.

Kuadran Star
pada kuadran ini Anda memegang pangsa pasar yang besar bila dibandingkan kompetitor, dengan pertumbuhan pasar yang besar pula. kuadran ini merupakan tempat Market Leader bercokol. Kuadran Question Mark bila sukses akan bergerak ke kuadran ini. Organisasi bisnis yang sukses setidaknya mempunyai satu unit bisnis/produk yang berada di kuadran ini. Untuk terus bertahan diperlukan usaha yang konsisten dan terus menerus agar tidak terdepak. Selama pasar tumbuh, maka akan selalu ada pemain baru dari kuadran Question mark yang akan berusaha masuk.Investasi diperlukan untuk pertumbuhan penjualan dan pangsa pasar. Investasi bisa menggunakan dana dari kuadran Cash Cow.

Ketika Yamaha V-Ixion sudah sampai di posisi star, dimana market share sudah dominan tapi growth masih cukup tinggi, advertising yang sebelumnya dilakukan besar-besaran bisa dilakukan seperlunya saja. Pihak marketing bisa melakukan penambahan fitur minor dan pihak distributor bisa bekerjasama dengan club motor yang diharapkan mampu memperkuat posisi Yamaha V-Ixion di pasar.

Kuadran Cash Cow

pada kuadran ini mempunyai pangsa pasar yang besar di banding kompetitor, pertumbuhan pasar yang rendah, kesempatan di kuadran ini masih terbatas. Pasar tidak begitu menarik. Kuadran ini menghasilkan banyak keuntungan yang bisa digunakan untuk berinvestasi di bidang lain.Karena kondisi pasar yang tidak terlalu menarik maka tidak diperlukan investasi yang penting untuk menjaga pangsa pasar. kuadran ini harus dilindungi dan dijaga dengan baik karena sedikit pergeseran akan besar dampaknya terhadap pangsa pasar karena pertumbuhan pasar yang rendah.Jagalah posisi sebagai market leader dan market share yang dimiliki. Keuntungan diperoleh dari volume penjualan yang besar dan me-leverage operasional sehari-hari. Gunakan keuntungan untuk mendukung bisnis lain.

Jajaran marketing dan distributor bisa menikamati hasil strategi pemasaran mereka dan pihak perusahaan bisa menjadikan produk Yamaha V-Ixion sebagai “sapi perah” karena keuntungan perusahaan mengalir lancar akibat penjualan produk ini.Pihak perusahaan saat ini harus lebih berkonsentrasi pada perawatan dan menjaga produksi tetap stabil. Ke depan-nya, harus segera dipikirkan tentang inovasi produk baru agar pasar tidak jenuh dan eksistensi Yamaha Group Tbk. tetap terjaga.

Kuadran Dog

Di area ini pangsa pasar kecil dan beroperasi di pasar dengan pertumbuhan yang rendah. perusahaan mempertimbangkan untuk menutup bisnis, Menjualnya, melakukan repositioning, mengurangi operational cost. optimalkan operasional sehari-hari, hilangkan semua aktivitas yang tidak perlu. Repositioning diperlukan untuk menghasilkan positive cash cow atau menjualnya.

Yamaha   V-Ixion masih dalam level kecil sehingga potensi kerugian bahkan kebangkrutan terbuka lebar jika tidak segera diambil tindakan tepat. Ketika suatu produk berada pada kuadran ini, harus segera disusun strategi agar produk tersebut bisa masuk ke kuadran “Question Marks/Problem Child”. Market growth-nya ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas, memberikan potongan harga dan advertising (periklanan/promosi) yang gencar. Kalau diprediksi sulit untuk mencapai kuadran “Question Marks/Problem Child”, produksi produk V-Ixion harus segera dihentikan untuk mencegah kerugian yang semakin tinggi.

About irul

Kadang bisa serius amat. Tapi kebanyakan sih sukanya bercanda.

Posted on 25/03/2012, in manajemen and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: